Kamis, 17 Mei 2018

UBUNTU 18.04 sudah RILIS ! saatnya mencoba


halo temen-temen semua wah lama sekali saya tidak posting di blog ini, memang cukup sulit sih bagi saya buat bagi waktu untuk dunia maya dan dunia nyata. pada post pertama setelah lama vakum ini saya akan membahas tentang si ubuntu 18.04 bionic beaver yang baru beberapa waktu lalu rilis. ubuntu memang selalu ditunggu rilisnya karena ubuntu adalah salah satu distro linux yang terpopuler.

banyak para pecinta linux yang menunggu kelahiran si bionic beaver ini. namun apa saja sih fitur baru yang di bawa ubuntu 18.04 ini ?. yuk mari kita simak pembahasan dibawah ya.

1. Gnome 3.28
ubuntu 18.04 ini adalah versi LTS pertama yang menggunakan desktop environment Gnome. mengikuti jejak versi non LTS 17.10 kemarin. hal ini cukup menarik mengingat ubuntu sudah bertahun-tahun menggunakan Unity. tapi pilihan mengingat performa Unity semakin berat, pilihan menggunakan Gnome saya pikir adalah langkah yang tepat.

2. Boot Speed Boost
pengembang ubuntu mengembangkan boot speed boost sehingga membuat booting ubuntu yang sebelumnya sudah lumayan ngacirrrr kini makin ngebuuuut.

3. pilihan untuk melakukan instalasi minimal
ubuntu 18.04 menyediakan pilihan bagi anda yang ingin menginstall lebih cepat atau memiliki laptop dengan spesifikasi rendah. pilihan instalasi minimal ini hanya akan menginstall os dan beberapa software utility penting serta web browser saja.

4. menambah PPA lebih mudah
dulu ketika kita menambah PPA harus melakukan perintah update setelahnya baru kemudian melakukan perintah apt install untuk menginstall aplikasi dari PPA. kini saat kita menambah PPA maka perintah apt update akan otomatis ikut. sebuah fitur yang sederhana namun cukup membantu dalam penggunaanya.

5. Linux Kernel 4.15
memakai kernel yang cukup baru membuat kinerja ubuntu 18.04 bionic beaver ini lebih kenceng dan stabil. sebelumnya pihak ubuntu merencanakan akan memakai kernel 4.14 namun pada akhirnya mereka memutuskan memakai versi 4.15.

6. Kembali memakai Xorg sebagai Display Server
pada ubuntu versi 17.10 kemarin ubuntu memakai display server wayland dan ternyata para pengguna mengeluhkan beberapa aplikasi tidak berjalan seperti semestinya. dan akhirnya kini tim ubuntu memutuskan untuk kembali ke Xorg.

7. Beberapa sentuhan kecil di Nautilus.
tim ubuntu memberi sedikit modifikasi pada file manager nautilus sehingga membuatnya semakin tampak modern dan lebih fungsional.

8. halaman selamat datang dan bantuan
karena ubuntu LTS biasanya memakai Unity dan kini berganti menjadi Gnome. maka pihak pengembang memberi halaman bantuan dan selamat datang. hal ini ditujukan bagi pengguna yang masih asing dengan desktop environment Gnome.


sebenarnya masih ada banyak lagi fitur ubuntu terbaru ini, jika anda ingin merasakan banyak fiturnya silahkan langsung download di http://ubuntu.com/download. namun sayang sekali ubuntu 18.04 ini hanya tersedia versi 64bit sehingga saya tidak bisa memakainya mengingat laptop yang saya pakai cukup jadul. oke lah sekian postingan kali ini semoga bermanfaat ya !
Load disqus comments

0 komentar