Selasa, 08 Agustus 2017

opera, browser yang ringan dan kencang untuk linux

salah satu kekurangan linux yang selama ini saya rasakan adalah browsing terasa sangat berat dan berbeda dengan windows yang saat browsing tetap lancar dengan spesifikasi komputer yang sama. meski sebenarnya di luar itu linux menang performa dari windows namun saya merasa risih karena browsing menjadi kebutuhan saya sebagai seorang blogger. saat saya menggunkan browser chromium atau firefox di linux sangat berat bahkan untuk menggeser halaman terasa macet-macet. setalah saya mencoba membuka system monitor ternya browser-browser tersebut memakan hingga 500mb resource ram.

nah karena masalah itu saya mulai browsing mencari cari alternatif browser yang ringan di linux dan akhirnya saya menemukan opera browser.


opera browser terasa sangat stabil dan ringan saat saya install di zorin os. selain ringan opera browser juga memiliki tampilan yang keren dengan menyertakan bilah atau panel disamping berisi shoertcut langsung ke facebook messanger dan whatsapp yang tentunya memudahkan kita untuk browsing sambil chatting.

saya mencoba melihat berapa penggunaan ram opera browser ini dan ini hasilnya :


opera browser hanya memakan ram dibawah 200mb saja dengan penggunaan browsing wajar, sangat berbeda dengan firefox dan chromium yang bisa mencapai 500mb.

nah bagi anda yang ingin menginstall opera browser. instalasinya sangat mudah karena tersedia download file dengan dormat .deb sehingga bisa di install dengan mudah menggunakan Gdebi.
untuk link nya bisa masuk kesini www.opera.com
Load disqus comments

0 komentar