Senin, 24 Juli 2017

Ubuntu Mate vs Linux Lite



hai semua beberapa hari lalu saya mencoba 2 distro yang dikenal ringan yaitu ubuntu mate dengan linux lite. Disini saya tidak bermaksud untuk membanding-bandingkan mana yang lebih baik karena pada dasarnya semua distro memiliki kelebihan masing masing. Terlebih sebenarnya dua distro ini adalah turunan dari ubuntu.



Disini yang saya bandingkan hanyalah dari sisi performa sesuai pengalaman saya pribadi saat mencoba 2 distro tersebut.  Sebelumnya saya jelaskan dulu perangkat yang saya pakai. Saya memakai netbook forsa entah type berapa hehe bahkan merk forsa aja saya nggak tau dari mana asalnya. Sementara untuk prosesornya sendiri hanya berbekal intel atom cpu D425 dengan frekuensi 1,8Ghz. Dengan ram 1gb untuk vga nya sendiri onboard yaitu intel gma entah seri berapa. Hardisk 150Giga.

Nah ini hasil pengujianya :
1. Ubuntu mate
membawa desktop environtment mate yang ringan serta menyertakan aplikasi standar bawaan yang ringan pula tentu ubuntu mate seharusnya terasa ringan. Namun saat booting live cd ternyata cukup lama saat meload sistem dan tak terlalu responsif. Serta instalasi yang ternyata cukup relatif lebih lama padahal tidak menyertakan gimp pada aplikasi bawaanya.

Lalu bagaimana setelah instalasi ? Nah disini saya kaget, ternyata setelah instalasi ubuntu mate ini berjalan dengan gesit dan responsif bahkan start up terasa cepat. Untuk urusan browsing dengan firefox pun distro ini lebih ringan dari distro-disro lain. Dan ternyata distro ini sudah menyertakan plank sebagai aplikasi bawaan sehingga jika ingin mengutak-atik ke tampilan Mac tak perlu install-install lagi. Lalu saya juga install slingcold. Saat idle ubuntu mate memakan 200mb ram saja.

2. linux lite
linuxlite membawa DE  yang tak kalah ringan yaitu xfce. Nah berbeda dengan ubuntu mate yang tidak menyertakan gimp sebagai aplikasi bawaan, linux lite membawa gimp untuk mengedit gambar. Tapi disini linux lite tidak menyertakan plank sebagai aplikasi bawaan dan saya tak menginstall slingcold karena ada panel pencari di xfce yang sudah memudahkan dalam mencari aplikasi. Memulai dari instalasi, linux lebih cepat dalam meload sistem dari live cd dibanding ubuntu mate demikian pula dengan proses instalasinya. Tapi sayangnya setelah selesai instalasi boot  dari hardisk lebih berat dan lama dari ubuntu mate, performanya pun juga berat terutama saat browsing dengan firefox, sangat jauh performanya dibanding dengan ubuntu mate. Nah linux lite dengan DE xfce nya memakan 250mb ram saat idle. Lebih banyak 50mb dari ubuntu mate.

Nah untuk lebih jelasnya mungkin anda bisa mencobanya sendiri ya.
Dan kalian akan merasakan sendiri ringanya dua distro ini yang masih bisa jalan di netbook payah saya... hehe

jangan lupa komentar ya
Load disqus comments

0 komentar