Senin, 17 Juli 2017

Pengalaman Memakai Linux



Linux, ya Sistem Operasi (OS) yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang orang awam. Ya mungkin karena kita sudah terbiasa dalam ekosistem windows. Dan toh juga linux sering digembar gemborkan sebagai OS yang susah dan ribet. Dan bahkan banyak yang menganggap linux adalah OS nya para hacker. Padahal semua itu salah !.





Pertama, Linux bukanlah OS yang ribet dan susah. Mungkin orang-orang masih terjebak dalam masa lalu ketika OS linux masih berbasiskan text dan tidak mempunyai tampilan GUI (Gaphic User Interface) artinya linux pada masalalu adalah os dengan layar hitam serta text warna putih saja. Tanpa ada ikon, gambar, dan lain sebagainya. Akan tetapi bagaimana dengan linux di masa ini ? Tentu jauh berbeda. Kini linux sudah berevolusi. Tak perlu lagi hafal dengan perintah di terminal. Cukup klik dan klik perintah sudah tereksekusi.

Bahkan, kini linux sudah menyediakan semacam sofware center yang terhubung ke jaringan internet sehingga memudahkan dalam menginstall software-software aplikasi serta aplikasi yang kita punya tentunya akan selalu up to date.

Kedua, linux bukan OS untuk Hacker. Tapi linux adalah OS untuk semua kalangan. Orang orang sering salah beranggapan bahwa linux adalah OS bagi para hacker. Ya mungkin ini mungkin karena banyak tool-tool untuk penetrasi jaringan. Tapi jangan salah selain software untuk test jaringan masih banyak pula software-software untuk keperluan lainya. Semisal ada libre office, wps office, abiword dan PDF viewer untuk kebutuhan perkantoran dan pendidikan. Ada pula bluefish, free pascal, python dan kawan-kawanya untuk pemrograman. Ada gimp dan inkspace untuk desain grafis. Ada audacity, shotcut, pitivi dan masih banyak lagi untuk keperluan multimedia. Jadi jangan lagi beranggapan bahwa linux adalah os untuk para hacker ya !.

Selain itu juga linux memiliki berbagai kelebihan di bandingkan si windows. Berikut adalah kelebihanya versi pengalaman saya sendiri :

Halal, tentu ini adalah hal pertama yang dirasakan jika seseorang memutuskan untuk memakai linux sebagai sistem operasi untuk perangkat mereka. Ya linux memang adalah OS yang GRATIS dan bebas untuk dimodifikasi. Kita tak perlu membeli lisensi seharga jutaan untuk memiliki sebuah sistem operasi. Di linux kita bisa memakainya gratis ditambah selalu bisa dan aman untuk di update. Berbeda dengan windows bajakan yang tidak mendapat update sehingga rawan akan resiko keamanan seperti virus.

Bebas Untuk Dimodofikasi, mungkin anda merasa bosan dengan tampilan windows yang gitu-gitu aja. Nah dilinux tentu BEDA DONK ! Linux menyediakan bermacam DE ( Desktop Environment ) yang beragam. Kita bisa memilih sesuai keinginan hati kita. Ada yang memakai berbagai efek yahut dan transparansi yang juos. Ada yang memiliki Peluncur aplikasi yang kompleks ada juga sang sederhanan tapi fungsional. Ada yang memakan resource hardware yang besar ada juga yang bisa jalan di hardware yang pas-pasan. Kita tinggal pilih saja. Nah DE yang tersedia itu masih bisa kita modifikasi lagi sesuai keinginan kita. Kita bisa ubah ikon, theme, window, bisa tambah panel, bisa install peluncur tambahan. Kita bisa mirip-mirip dengan OS lain kaya MAC OS misal. Jadi so pasti laptop atau komputer kita tentu akan jadi komputer yang BEDA. Nggak seperti windows atau Mac yang kebanyakan satu dengan yang lain sangat identik. Dan ya kita bisa sedikit pamer ke temen soal tampilan. Hehe.

Yang ketiga apa ya ... oh iya. Membuat Kita Mengerti Bagaimana Sistem Operasi Bekerja.
Saat memakai linux tidaklah heran jika suatu ketika kita menghadapi throuble, error dan masalah lain. Kita dituntut untuk mengatasi semua masalah ini. Mungkin sebagian orang menganggan ini sebagai kekurangan tapi sebenarnya kita bisa belajar mengerti bagaimana sebbuah sistem operasi berjalan. Terlebih banyak dukungan komunitas yang mengulas berbagai masalah yang mereka pernah rasakan juga. Dan jika masalah sudah teratasi, ilmu dan kepuasan lah yang kita dapat.

AMAN. Ini lah yang paling dekenal dari linux. Sehingga kebanyakan komputer server yang memakai linux. Keamanan adalah kelebihan linux yang banyak di ulas dalam berbagai artikel. Memang inilah yang saya rasakan saat saya memakai sistem operasi ini. Sebenarnya memang tidak ada sistem yang 100% aman akan tetapi di linux keamanan diperketat karena membutuhkan akses ROOT bagi aplikasi untuk mengakses file system sehingga virus tidak akan bisa berjalan tanpa sepengetahuan pengguna. Dan kalaupun ada celah keamanan. Pasti akan segera diatasi oleh para pengembang linux dan kita akan cepat mendapat update keamanan. Berbeda dengan memakai windows bajakan yang kita nggak berani update sistem untuk mendapat keamanan yang lebih baik. Untuk windows yang ori sih.. ya dapat upgrade dan relatif lebih aman sih. Ya kalo maksa pake windows mending beli aja lebih halal gan.

Cukup, banyak sebagian kita menganggap windows dan mac dianggap lebih lengkap dalam menyediakan kebutuhan kita. Lalu bagaimana dengan linux. Menurut saya linux sudah CUKUP. Yang dibutuhkan kebanyakan pengguna komputer kebanyakan hanya mengetik, editing, dan mungkin main game saja. Dan dilinux ini sudah cukup bagi kita untuk kebutuhan ringan itu saja.

Support Di Perangkat Lawas dan Pas-Pasan, berdasarkan pengalaman pribadi saya pernah menginstall linux di komputer lawas dengan spesifikasi yang pas-pasan pula. Saya masih dapat menginstall OS ini dengan memilih distro yang mamakai DE yang ringan. Dan linux dalam keadaan Idle hanya memakan 250mb an Ram. Wow ini sangat ringan tentunya. Selain itu kita juga tak perlu bingung mencari support driver yang biasanya di komputer lawas sudah tidak didukung. Dengan linux semua beres. Bahkan saya pernah install linux di hardisk yang sudah lemah. Ketika di install windows komputer sering mengalami “xplorer stopped working” dan tidak bisa dimatikan. Alhasil harus mematikan paksa dengan mmenekan dan menahan tombol power. Dan ajaibnya saat saya install linux semua berjalan NORMAL dan berjalan dengan baik. Keren ya OS ini.


Oke itulah beberapa penjelasan dari pengalaman saya saat memakai OS dengan lambang Pinguin ini.
Dan untuk kekuranganya mungkin akan saya paparkan di artikel selanjutnya. :)

jangan lupa tinggalkan Komentar !
 Kritik dan Saran anda Mencerdaskan Saya :)
Load disqus comments

0 komentar