Selasa, 18 Juli 2017

browsing lemot di linux, Mengapa ?




Browsing menjadi sebuah fungsi penting dari sebuah komputer. Entah untuk membaca berita, mencari referensi ide, atau sekedar menonton youtube dan bersosial media. Fungsi ini menjadi fungsi penting mengingat kini banyak manfaat yang bisa kita dapat dari internet.



Nah yang saya bahas kali ini adalah pengalaman saya saat browsing di perangkat bersistem operasi Linux. Seperti yang kita tahu linux memiliki distro-distro yang dikenal ringan semisal linux lite, xubuntu atu lubuntu. Distro-distro linux tersebut memakan resource ram yang relatif sangat sedikit bahkan saat saya memakai linux lite yang membawa DE xfce hanya memakan Ram sekitar 250Mb.


Lalu bagaimana dengan performa untuk browsing ?

Inilah yang membuat saya sedikit bingung dan kecewa. Mengapa linux terasa berat saat dipakai browsing bahkan untuk scrol halaman saja macet-macet padahal ram yang dipakai hanya sedikit dalam kondisi idle. Sedang saat saya memakai windows browsing terasa biasa dan terbilang lancar padahal memakai browser yang sama yaitu firefox. Saya juga pernah membandingkan dengan browser chromium. Dan hasilnya windows lebih baik.

Lalu apa yang salah ? Mengapa saat kita browsing terasa sangat berat dan berbanding terbalik dengan julukan OS yang terkenal ringan ini ?


 Semoga dimasa depan nanti masalah ini bisa teratasi sehingga pengguna awam juga merasa nyaman dan betah untuk memakai OS yang Gratis ini.
Load disqus comments

0 komentar