Senin, 31 Juli 2017

beberapa stigma negatif yang salah tentang linux

linux adalah sistem operasi komputer yang masih sangat asing bagi kebanyakan masyarakat indonesia. mungkin yang tahu hanya beberapa orang yang kuliah atau menempuh pendidikan IT saja. itupun kebanyakan hanya tahu saja dan jarang yang memakai secara continue. padahal linux adalah sistem operasi yang gratis dan opensource sehingga dengan sifatnya yang open source memungkinkan setiap orang untuk mengembangkan aplikasi  bahkan mengembangkan sitem operasi itu sendiri namun entah bagaimana pengguna linux di indonesia tak juga berkembang.

hal ini mungkin karena kebanyakan dari kita dididik untuk memakai sistem windows yang dbajak. sehingga kebiasaan ini berlanjut secara terus menerus.

selain itu, tidak berkembangya linux dikarenakan masih beredarnya stigma salah yang terus beredar di masyarakat indonesia. bahkan stigma ini secara tidak sadar mungkin juga disebarkan oleh guru-guru it yang mengajar kepada para pelajar di indonesia. dan ini adalah yang saya alami sendiri ketika saya masih sekolah. berikut adalah stigma-stigma negatif tentang linux yang tidak benar menurut saya sendiri tentunya.

1. linux adalah os berbasis text
ini yang saya alami ketika smk, saat memberi contoh sistem operasi yang berbasis text guru saya menyebut linux. padahal linux udah berubah sekarang. jaman dahulu kala linux memang hanya source kode yang didistribusikan dengan lisensi open source yang berkembang menjadi berbagai sistem operasi seperti sekarang ini. memang benar jika linux adalah sistem operasi berbasis text. tapi itu dahulu sekali. mungkin sebelum indonesia merdeka kali ya :D. kalau sekarang itu sangatlah keliru. kini linux memiliki banya distro yang cantik-cantik, memiliki user interface GUI yang dibalut dengan bermacam desktop environment yang menawan. bisa diinstall berbagai tema dan iconpack sesuka hati. dibawah contohnya.







2. sistem operasi yang sulit
yang satu ini masih berhubungan dengan stigma yang nomor satu. linux bukan sistem operasi yang sulit. karena semua perintah kini tak lagi perlu mengetik satu persatu, kini semua tinggal klik-klik semua beres. instalasinya juga sangat mudah serta kita tak perlu lagi repot menginstall driver.

hampir semua hardware bisa dideteksi secara otomatis oleh linux. lebih gampang dari windows kan.

3. aplikasi tidak lengkap
wel mungkin aplikasi microsoft office dan photoshop tak akan kalian temukan di linux. tapi ketika satu aplikasi tak ada di linux, banyak alternatif yang lain. misal libreoffice sebagai pengganti aplikasi office windows. atu gimp yang memiliki fitur tak kalah dari photoshop. dan banyak lagi aplikasi yang tersedia di linux yang bisa anda install melalui software center atau terminal. bahkan secara default linux mendukung lebih banyak bahasa pemrograman dibanding windows.

4. game sedikit
jangan salah linux bukan lah os yang anti game. sekarang ada konsol game steam yang bisa di install di linux. dan didalamnya banyak game yang keren-keren. jadi kalau masih ada yang beranggapan linux gamenya sedikit itu salah.

nah itulah beberapa stigma negatif linux yang banyak saya dengar di sekitar saya. mungkin anda yang sudah lama memakai linux bisa menambahkan lagi ?

Load disqus comments

0 komentar